Site Loader
Share?

📌 234 Kesalahan

‼️ TIDAK MENUTUP AURAT KETIKA SHALAT

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah wa ba’du.

Banyak hal yang diremehkan oleh manusia ketika ingin shalat, di antaranya tidak menjaga auratnya. Ini merupalan kesalahan dan wajib ditinggalkan. Di antara kesalahan yang sering dilakulan adalah:

•》Memakai pakain tipis yang tidak menutup aurat

Hal ini membatalkan shalat, karena menutup aurat termasuk syarat sah shalat. Batasan aurat lelaki menurut pendapat yang benar adalah dari pusar hingga lutut. Dan wajib menutup kedua pundak atau salah satunya. Karena firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

يٰبَنِيْۤ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ

“Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid.” [QS. Al-A’raf: 31]

Dan sah hukumnya mengenakan sebuah baju yang menutupi aurat, berdasarkan riwayat Umar bin Abi Salamah: “Sesungguhnya ia melihat Rasulullah shalat mengenakan satu baju di rumah Ummu Salamah di mana kedua ujungnya diikatkan pada kedua pundak beliau.” [Mutafaq Alaihi]

Ibnu Qudamah berkata: “Yang wajib adalah menutupi kulit hingga tidak terlihat warnanya. Jika pakaian itu transparan dan menampakkan warna kulit sehingga terlihat putih atau merah kulitnya, maka shalatnya tidak sah. Karena tidak menutupi aurat.”

•》Tidak menutup kepala atau kedua kaki bagi wanita ketika shalat

Aurat wanita di dalam shalat adalah seluruh tubuh, kecuali wajah. Dan tidak mengapa menutup wajah, jika ada lelaki (yang bukan mahram) melewatinya. Wajib bagi wanita untuk menggunakan khimar (kerudung) yang menutupi kepala dan dada. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَقْبَلُ اللهُ صَلاَةَ حَائِضٍ إِلاَّ بِخِمَارٍ

“Allah tidak akan menerima shalat wanita yang telah haid, kecuali dengan khimar atau kerudung.” [HR. Ahmad dan Ahli Sunan, kecuali An-Nasai. Dishahihkan Ibnu Khuzaimah dan selainnya]

Wajib juga untuk menutup bagian atas kedua telapak kaki, berdasarkan hadis:

الْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ

“Wanita itu adalah aurat.” [Riwayat Imam At-Tirmidzi dengan sanad yang shahih]

Imam Malik, Abu Dawud dan yang lainnya meriwayatkan hadis yang semakna dari Muhammad bin Zaid bin Qanfadz dari ibunya, dia bertanya kepada Ummu Salamah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pakaian yang dikenakan wanita ketika shalat? Ummu Salamah menjawab: “Hendaklah ia shalat dengan memakai kerudung dan baju besar yang menutupi kedua kakinya.”

Semakna dengannya pula, hadis Ummu Salamah, “Dengan menurunkannya satu hasta.”

Kaki sebagaimana aurat yang lain, ditutup dengan pakaian yang longgar, tidak tipis, tidak transparan, tidak memperlihatkan bentuk atau lekukan. Adapun kaki (pergelangan kaki ke bawah serta punggung telapak kaki) boleh ditutup dengan kaus kaki yang tebal dan tidak menyerupai warna kulit dengan tetap menjulurkan kain (sarung) atau pakaian sehingga menutup seluruh kaki.

والله أعلم، وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

📙 Referensi: Buku “234 Kesalahan.” Bab: Kesalahan dalam Shalat. Karya Shalih bin Abdul Aziz bin Muhammad Alu Syaikh.

Alfaqir ilallah: Abu Muhammad Royhan hafidzahullah

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (https://permatasunnah.com) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya tanpa izin dari admin.

Share?

Ummu Ruqayyah

Admin Web PermataSunnah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Juli 2020
S M S S R K J
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930