Site Loader
Share?

📜 Fafwa Ulama

🛁 MANDI JUMAT DAN BERHIAS, APAKAH UMUM UNTUK LELAKI DAN WANITA?

Pertanyaan:
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya: “Mandi Jumat dan berhias pada hari itu, apakah umum untuk lelaki dan wanita? Bagaimana hukum mandi sebelumnya, yaitu sehari atau dua hari sebelumnya?”

Jawaban:
Hukum ini hanya khusus bagi lelaki karena ialah yang menghadiri Jumat, dan ialah yang diminta untuk berhias ketika keluar. Sedangkan wanita tidak diminta untuk itu. Tetapi setiap orang jika pada tubuhnya terdapat kotoran sudah sewajarnya untuk membersihkannya. Karena hal itu termasuk perkara terpuji yang tidak layak untuk ditinggalkan.

Adapun melakukan mandi Jumat sehari atau dua hari sebelumnya maka hal ini tidak berfaidah, karena hadis yang menerangkan hal ini menyebutkan bahwa mandi Jumat khusus dikerjakan pada hari Jumat mulai terbit fajar sampai menjelang shalat Jumat. Inilah waktu mandi Jumat, sedangkan melakukannya sehari atau dua hari sebelumnya, maka hal itu tidak berpahala sebagai mandi Jumat. Dan Allah lah yang member taufiq.

والله أعلم… وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🗂 Referensi:
• Disalin dari kitab Majmu Fatawa Arkanil Islam, edisi Indonesia Majmu Fatawa Solusi Problematika Umat Islam Seputar Akidah dan Ibadah, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin.
• https://almanhaj.or.id

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (https://permatasunnah.com) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan.

Share?

Ummu Ruqayyah

Admin Web PermataSunnah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Desember 2019
S M S S R K J
« Nov    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031