Site Loader
Share?

📜 Fatwa Ulama

🙌🏻 MAKMUM MENGANGKAT TANGAN KETIKA KHATIB BERDOA?

Pertanyaan:
Ustadz, bagaimanakah seharusnya kita bersikap menurut hadis yang shahih pada saat imam berdoa pada khutbah ke-2 dalam shalat Jumat? Apakah harus mengaminkan dengan jahar (suara jelas)? Bukankah dilarang mengucapkan sepatah kata pun saat khatib menyampaikan khutbah shalat Jumat? Dan haruskah jamaah mengangkat kedua tangan saat imam berdoa?

Jawaban:
Pertanyaan semacam pertanyaan saudara ini juga pernah ditanyakan kepada Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, dan inilah jawaban beliau:

“Mengangkat kedua tangan tidak disyariatkan dalam khutbah Jumat, juga tidak disyariatkan dalam khutbah Ied, baik bagi imam maupun makmum. Sesungguhnya yang disyariatkan adalah diam mendengarkan khatib dan mengaminkan doanya dalam hati, dengan tanpa mengeraskan suara. Adapun mengangkat kedua tangan maka itu tidak disyariatkan, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengangkat kedua tangannya dalam khutbah Jumat dan dalam khutbah Ied.

Dan ketika sebagian shahabat melihat sebagian umara (penguasa) mengangkat kedua tangannya dalam (doa) khutbah Jumat, dia mengingkarinya.  Dia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengangkat kedua tangannya (di dalam khutbah Jumat).”

Memang jika seorang khatib meminta hujan dalam khutbah Jumat, maka dia mengangkat kedua tangannya ketika meminta turun hujan, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengangkat kedua tangannya  dalam keadaan ini.

Maka jika seorang khatib meminta hujan dalam khutbah Jumat atau khutbah Ied, disyariatkan baginya mengangkat kedua tangannya karena meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

🏷 Rujukan: Majmu’ Maqalaat Syaikh Bin Baaz, 12/339.

والله أعلم… وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🗂 Referensi:
• Diringkas dari Majalah As-Sunnah Edisi 06/Tahun XVI/1433H/2012M.
• https://almanhaj.or.id

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (https://permatasunnah.com) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan.

Share?

Ummu Ruqayyah

Admin Web PermataSunnah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Desember 2019
S M S S R K J
« Nov    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031