Site Loader
Share?

✉️ Soal Jawab

🎉 HUKUM MERAYAKAN ACARA KHITANAN

Bismillah
Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh.

PERTANYAAN:
Ustadz, Apa hukumnya merayakan acara khitanan/sunat pada anak? Jazakumullahu khairan.

Dari Ummu Fadhil – PSM 19

JAWABAN:

وعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thoyyib, hukum merayakan acara khitanan diperselisihkan oleh Ulama. Ada yang mengatakan boleh ada juga yang mengatakan makruh. Namun pendapat yang kami rojihkan -Allahu a’lam- hukumnya mubah (boleh). Hanya saja yang perlu diperhatikan dalam masalah ini hendaknya walimah ini dilakukan dengan sederhana dan tidak ada pelanggaran syariat di dalamnya, misal ada acara bid’ah dan lainnya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: “Untuk walimah nikah, hukumnya sunnah, dan menghadirinya diperintahkan. Adapun perayaan kematian, statusnya bid’ah, dibenci untuk dilakukan dan juga menghadirinya. Adapun walimah khitan, hukumnya boleh. Siapa yang ingin melakukannya boleh dia lakukan, siapa yang tidak ingin melakukannya, bisa dia tinggalkan.” [Majmu’ Fatawa, 32/206]

Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin rahimahullah berkata: “Dan walimah yang dibolehkan, yaitu seluruh walimah yang dilaksanakan ketika terjadi hal yang menyenangkan. Ini adalah termasuk yang diperbolehkan dan bukan termasuk Bid’ah, (sebagaimana dipersangkakan oleh sebagian orang) seperti walimah khitan, ini dibolehkan, sebab hukum asalnya semua amalan selain ibadah diperbolehkan hingga ada dalil yang melarang.” [Syarh Al-Mumti’, 12/320]

Namun jika Anda tidak ingin adakan walimah khitan, maka tidak mengapa juga karena intinya ada pada khitan. Dan khitan ini wajib bagi lelaki dan sunnah bagi wanita.

والله أعلم، وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

📁 Referensi: Tanya Jawab WAGrup Permata Sunnah Muslimah

🔏 Dijawab oleh: Alfaqir ilallah Abu Muhammad Royhan hafidzahullah

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (https://permatasunnah.com) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya tanpa izin dari admin.

Share?

Ummu Ruqayyah

Admin Web PermataSunnah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Juli 2020
S M S S R K J
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930