HUKUM MENJADI SEORANG YOUTUBER

✉️ Soal Jawab

📹 HUKUM MENJADI SEORANG YOUTUBER

Bismillah
Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

PERTANYAAN:
Bagaimana hukum menjadi seorang youtuber? Jika seseorang menjadi youtuber mengupload konten dakwah, bagaimana hukum penghasilannya? Jazaakallahu khairan.

Dari Siva – Member PSM 1

JAWABAN:

وعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Baraakallahu fikum…
Allahu a’lam, menjadi youtuber dan menghasilkan uang dari sana, maka kita lihat konten dan jenis iklannya. Karena yang menjadi masalah ketika kontennya hal yang baik, tapi kadang di sini iklannya bermasalah. Jika iklannya, iklan yang berbau negatif seperti wanita menampilkan aurat, iklan yang ada musiknya, dan iklan-iklan negatif lainnya, maka jelas ini haram.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa pertanyaan yang semisal yang kami ambil dari Bimbinganislam.com. Semoga bermanfaat.

•> Pertanyaan 1:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga ustadz dan keluarga selalu dalam lindungan Allah dan diberi RahmatNya. Ustadz izin bertanya, sekarang banyak orang yang membuat konten di youtube, dengan tujuan bisa menghasilkan uang dari konten tersebut. Tanpa diketahui pemilik konten, banyak iklan iklan bermunculan di kontennya, seperti iklan wanita tak menutup aurat dan lain sebagainya, apakah uang yang didapat halal ustadz? Jazaakumullahu khairan ustadz.

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa Rasulillaah, Amma ba’du.

Setahu kami, walaupun pemilik konten tidak mengetahui secara detail iklan apa saja yang bakal muncul, namun secara umum dia akan paham iklan yang bakal muncul adalah iklan yang mengandung keharaman seperti: mengumbar aurat wanita, musik, riba dan hal lainnya.

Sehingga, seorang Muslim hendaklah bertakwa kepada Allah, tidak ikut serta membantu dalam menyebarkan/mengiklankan hal-hal yang membuat Allah murka. Allah Ta’ala berfirman:

وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

“Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaNya.” [QS. Al-Maidah: 2]

Kecuali dalam kondisi, dia bisa menyaring dan memastikan iklan yang masuk, tidak bertentangan dengan syariat Islam. Namun jika tidak bisa disaring, serta mayoritas iklan yang tampil adalah iklan yang melanggar syariat, maka membuat konten seperti ini harus dijauhi.

Berusahalah mencari rejeki yang halal dan berkah, jauhilah segala jalan rejeki yang mengundang murka Allah. Wallahu a’lam.
 
🖋️ Oleh: Ustadz Muhammad Ihsan hafidzahullah

•> Pertanyaan 2:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Afwan ustadz, saya mau bertanya. Ustadz, bolehkah akhwat upload video tutorial masak atau tips semisal ke youtube? Dengan tujuan apa yang kita bagi bisa berguna untuk banyak orang. Kalau boleh bagaimana agar video tersebut tidak melanggar syariat? Jazaakallahu khairan.

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘ala Rasulillaah, Amma ba’du. Ayyatuhal Akhwat baarakallahu fiikunna.

Dari Sahabat yang mulia Usamah Bin Zaid radhiallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِى فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

“Aku tidak meninggalkan satu godaan pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita.” [HR. Bukhari, no. 5096 dan Muslim, no. 2740]

Untuk itulah, Allah Subhanahu wa Ta’ala perintahkan kepada para wanita agar lebih banyak berdiam di rumah dan tidak suka keluar rumah. Rumah adalah hijab yang paling syar’i bagi wanita. Allah Ta’ala berfirman:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Menetaplah di rumah kalian dan jangan tabarruj seperti tabarrujnya orang jahiliyah.” [QS. Al-Ahzab: 33]

Allah Ta’ala menggandengkan perintah untuk menetap di rumah dengan larangan tabarruj. Karena umumnya, ketika wanita mulai senang keluar rumah maka dia akan melakukan tabarruj. Hal ini berlaku juga untuk yang menetap di rumah agar jangan bebas berkeliaran di dunia maya termasuk menjadi seorang youtuber.

Maka jawabannya adalah tidak boleh karena yang melihat youtube bukan wanita saja tapi manusia seluruhnya baik yang takwa maupun yang paling durjana (berdosa) sekalipun.

Itu artinya, ciri wanita salehah di sisi Allah Ta’ala, bukan mereka yang aktif keluar rumah, tapi mereka yang lebih aktif di dalam rumah baik khayalannya, jiwanya dan fisiknya. Wallahu Ta’ala A’lam.

▪︎ Tambahan dari editor:
Jika anda memang berniat baik untuk menyebarkan kebaikan dengan menyebar resep masakan atau tips rumah tangga, sebaiknya melalui tulisan saja dan disebar ke grup yang isinya juga wanita. Seperti grup keluarga, grup pengajian ibu-ibu, atau grup teman-teman perempuan anda. Wallahu a’lam.

🖋️ Oleh: Ustadz Fadly Gugul hafidzahullah

والله أعلم، وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

✍🏻 Dijawab oleh: Alfaqir ilallah Abu Muhammad Royhan hafidzahullah

📂 Referensi: Tanya Jawab WAGrup Permata Sunnah Muslimah

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (https://permatasunnah.com) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya tanpa izin dari admin.

Bagikan artikel ini ?
Ummu Ruqayyah

Ummu Ruqayyah

Admin Web PermataSunnah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *