HUKUM MENGGUNAKAN SAJADAH BERGAMBAR

โœ‰๏ธ Soal Jawab

๐Ÿ’  HUKUM MENGGUNAKAN SAJADAH BERGAMBAR

Bismillah
Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

PERTANYAAN:
Afwan bagaimana hukumnya shalat yang ada gambar-gambar Ka’bah Masjid Nabawi dan lafaz Jalalah Allah di sajadah?
Syukron, jazaakallahu khairan.

Dari Tetty Ummu Hidayat – Member PSM 4

JAWABAN:

ูˆุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู

Baraakallahu fikumโ€ฆ
Thayyib, hendaknya yang seperti ini dihindari karena dapat melalaikan hati dari zikir kepada Allah dan menghilangkan kekhusyukkan dalam shalat. Dan biasanya gambar-gambar seperti ini menyibukkan orang di dalam shalat, sehingga sebagian Ulama memakruhkannya.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ketika ditanya tentang hukum menggunakan sajadah bergambar masjid dalam shalat, beliau rahimahullah menjawab:
“Menurut kami, tidak sepantasnya sajadah yang bergambar masjid di letakkan di depan imam. Karena sajadah itu bisa mengganggu dan bisa mengalihkan perhatian dan tentu hal itu akan merusak shalatnya.

Oleh karena itu, ketika Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam shalat menggunakan kain yang bercorak dan melihat coraknya, maka setelah selesai shalat beliau shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ุงุฐู’ู‡ูŽุจููˆุง ุจูุฎูŽู…ููŠุตูŽุชููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุจููŠ ุฌูŽู‡ู’ู…ู ูˆูŽุฃู’ุชููˆู†ููŠ ุจูุฃูŽู†ู’ุจูุฌูŽุงู†ููŠู‘ูŽุฉู ุฃูŽุจููŠ ุฌูŽู‡ู’ู…ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุฃูŽู„ู’ู‡ูŽุชู’ู†ููŠ ุขู†ููู‹ุง ุนูŽู†ู’ ุตูŽู„ูŽุงุชููŠ

‘Bawalah kain ini ke Abu Jahm dan bawakan kepadaku kain milik Abu Jahm yang tidak bercorak, karena kain yang bercorak tersebut sempat melalaikanku dari shalatku (mengganggu kekhusyukkanku).’ (HR. Bukhari dan Muslim dari hadis Aisyah radhiallahu ‘anha)

Jika imam tidak merasa terganggu dengan sajadah tersebut, karena dia buta atau karena kebiasaan itu sudah berlangsung lama sehingga perhatiannya tidak tersita atau tidak (tertarik) meliriknya lagi, maka kami memandang tidak apa-apa menggunakan sajadah pada saat shalat.” [Majmuโ€™ Fatawa wa Rosail Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, 12/362]

ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…ุŒ ูˆุจุงู„ู„ู‡ ุงู„ุชูˆููŠู‚ ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู…

โœ๐Ÿป Dijawab oleh: Alfaqir ilallah Abu Muhammad Royhan hafidzahullah

๐Ÿ“ Referensi: Tanya Jawab WAGrup Permata Sunnah Muslimah

๐Ÿ“ก Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (https://permatasunnah.com) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya tanpa izin dari admin.

Bagikan artikel ini ?
Ummu Ruqayyah

Ummu Ruqayyah

Admin Web PermataSunnah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *