HUKUM MAKAN DAN MINUM KETIKA MENJENGUK ORANG SAKIT

✉️ Soal Jawab

HUKUM MAKAN DAN MINUM KETIKA MENJENGUK ORANG SAKIT

Pertanyaan:
Ketika kita menjenguk orang sakit apakah benar ada hadis yang menyatakan sebaiknya kita tidak memakan jamuan yang disediakan oleh pihak keluarga yang sakit karna bisa mengurangi pahala kita? Sekian dulu pertanyaan dari ana, jazakallah khayr untuk kesempatannya.

Jawaban:
Iya benar ada hadis yang menunjukkan bahwa makan dan minum sesuatu di sisi orang sakit bisa mengurangi pahala orang yang menjenguknya, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut: Dari Abu Umamah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “Jika salah seorang di antara kamu menjenguk orang sakit, maka janganlah ia makan sesuatu di sisinya, karena barang siapa memakan sesuatu di sisinya, berarti makanan itu merupakan bagian pahala dari kunjungannya.” [Dikeluarkan oleh Ad-Dailami di dalam Musnad Al-Firdaus]

Akan tetapi derajat hadis ini adalah Dhoif Jiddan (sangat lemah), karena di dalam sanadnya ada seorang periwayat hadis yang bernama Utsman bin Abdurrahman Al-Waqqoshi, ia seorang yang Matruk (ditinggalkan dan tidak diterima riwayatnya). Dan Yahya bin Ma’in rahimahullah telah menilainya sebagai Pendusta sebagaimana disebutkan dalam kitab Taqriib At-Tahdziib karya Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqolani rahimahullah.

Dan Syaikh Al-Albani rahimahullah menyebutkan hadis ini di dalam kitab Silsilah Al-Ahaadits Adh-Dho’iifah nomor. 2288, dan beliau mengatakan, “DHO’IF JIDDAN (sangat lemah).”

Dengan demikian, maka hukum makan dan minum sesuatu di sisi orang sakit ketika menjenguknya adalah Boleh dan Halal. Dan hal ini tidak mengurangi pahala orang yang menjenguknya. Dan bisa jadi makan dan minum sesuatu yang disediakan keluarga orang sakit itu hukumnya dianjurkan jika bisa membuat senang perasaan orang sakit yang dijenguknya.

Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Semoga mudah dipahami dan menjadi ilmu yang bermanfaat.

والله أعلم، وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🖊️ Dijawab oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

🖥️ Sumber: https://abufawaz.wordpress.com/2014/11/14/hukum-makan-dan-minum-ketika-menjenguk-orang-sakit/

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (https://permatasunnah.com) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya tanpa izin dari admin.

Bagikan artikel ini ?

Abu Royhan

Pemilik dan Pengasuh Situs Web PermataSunnah.com (Mulia dengan Manhaj Salaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.