Site Loader

📜 Fatwa Ulama

DOA YANG SHAHIH SEBELUM MAKAN

Pertanyaan:
Doa apa yang dibaca sebelum makan?

Syaikh Al-Albani rahimahullah menjawab:
Dari Umar bin Tsa’labah radhiallahu ‘anhu ia berkata: Ketika saya masih anak-anak dalam asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tanganku memilih-milih (makanan) yang ada dalam piring. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

“Hai nak, jika kamu makan ucapkan ‘Bismillah’ dan makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang terdekat denganmu.” [Lihat Ash-Shahihah No. 627]

Dalam hadits di atas menunjukkan, bahwa sunnahnya tasmiyah dalam makan hanya dengan “Bismillah” saja. Dan tidak ada yang lebih baik dari sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Jika tidak ada riwayat yang pasti mengenai tasmiyah (mengucap nama Allah) ketika makan kecuali hanya “Bismillah”, maka tidak boleh menambahkannya (dengan perkiraan) menambah itu lebih utama daripada hanya “Bismillah”, karena sesungguhnya perkataan yang demikian berbeda dengan hadits yang kami tunjukkan. Dan sebaik baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rujukan: Ash-Shahihah (1/611-612)

والله أعلم… وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

📰 Sumber: Hijrahapp

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (https://permatasunnah.com) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan.

Ummu Ruqayyah

Admin Web PermataSunnah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Oktober 2019
S M S S R K J
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031