APA YANG HARUS DIPERKUAT KETIKA TERTIMPA MUSIBAH

✉️ Soal Jawab

✊🏻 APA YANG HARUS DIPERKUAT KETIKA TERTIMPA MUSIBAH

Pertanyaan:
Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Jika kita tertimpa musibah, apa yang harus kita perkuat? Rasa harap atau takut? Dan ketika kita mendapatkan kenikmatan, apa yang harus diperkuat? Rasa harap atau rasa takut? Mohon nasihatnya agar kami tidak salah di dalam menyikapi musibah dan nikmat yang kami hadapi. Syukron, jazakallah khoir.

Jawaban:
Yang harus atau yang dibutuhkan oleh seorang beriman ketika dia ditimpa musibah, yaitu bersabar. Hal ini agar dia mendapatkan pahala orang-orang yang bersabar. Dan ketika orang yang beriman mendapatkan nikmat, maka yang dibutuhkan adalah bersyukur agar dia mendapatkan pahala orang-orang yang bersyukur.

Adapun perasaan takut dan perasaan harap, ini harus senantiasa ada dalam hati seorang yang beriman dalam segala keadaannya. Baik dia dalam mendapatkan nikmat ataupun dalam keadaan mendapatkan musibah. Karena perasaan takut dan harap ini harus selalu ada didalam hati orang yang beriman ketika dia beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam seluruh kehidupannya. Baik ketika dia mendapatkan nikmat maupun ketika dia mendapatkan musibah. Hal ini karena sifat orang yang beriman selalu mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala dan selalu takut akan azab Allah Subhanahu wa Ta’ala.

والله أعلم، وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🖊️ Dijawab oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr dan diterjemahkan oleh Ustadz Iqbal Gunawan, M.A

🖥️ Sumber: Apa Yang Harus Diperkuat Ketika Kita Tertimpa Musibah?

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber link asli (PERMATA SUNNAH) dan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya tanpa izin dari admin.

Bagikan artikel ini ?

Affni Ummu Khayra

Admin Web PermataSunnah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.